Tampung Harapan Civitas UNS, IO UNS Bikin Aplikasi HOPE4UNS

International Office Universitas Sebelas Maret (IO UNS) Surakarta berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi berbasis website bernama HOPE4UNS. Aplikasi tersebut diciptakan agar bisa menampung aspirasi dan harapan dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya civitas akademika UNS yang masih kuliah ataupun sudah menjadi alumni.
Yudi Sastroredjo, inisiator HOPE4UNS mengungkapkan bahwa aplikasi ini dibuat bertepatan dengan pameran ilmiah “UNStopable” dalam rangka Lustrum ke-8 UNS. Aplikasi HOPE4UNS dikembangkan setelah melihat tren yang mewabah dewasa ini yaitu budaya visual. “Kami ingin mengumpulkan harapan-harapan dari semua pihak dalam satu tempat agar bisa dilihat terus-menerus, sehingga bisa menjadi pelecut bagi semua pihak yang menyandang nama UNS untuk berbuat lebih untuk UNS yang telah menjadi monumen yang hidup dan menghidupi banyak orang,” tutur Yudi.
Rektor UNS Ravik Karsidi dan motivator Tung Desem Waringin (TDW) juga sempat menuliskan harapan mereka. “UNS harus BISA menjadi PTN MANDIRI yang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan masyarakat Dunia,” tulisnya. Sedangkan (TDW) menuliskan, “Sebagai alumni FH UNS angkatan 87 saya berharap UNS terus maju berjaya jadi Universitas TOP kelas Dunia dan membawa manfaat untuk Nusa Bangsa. Juga terus mengembangkan kurikulum yang benar-benar penting dan bermanfaat untuk KEHIDUPAN. Salam Dahsyat Selalu”.
Ravik mengapresiasi dengan adanya aplikasi tersebut sehingga bisa menampung aspirasi-aspirasi yang ada sehingga nanti bisa dipertimbangkan. “Angan-angan yang terlalu tinggi, tapi kita bisa menjadi karena ada harapan itu. Jadi, kita akan menjadi sesuatu yang kita pikirkan, dan harapan harus dipikirkan juga,” jelasnya.
Aplikasi HOPE4UNS ini bisa Anda kunjungi di laman pohonharapan.uns.ac.id mulai Senin, 14 Januari 2016—bisa melalui PC maupun ponsel pintar. Sebelumnya, selama pelaksanaan pameran ilmiah, IO melakukan soft-launching untuk mempromosikan aplikasi ini kepada para pengunjung.

Ingin menuliskan harapan-harapan tentang UNS? Caranya, setelah membuka laman pohonharapan.uns.ac.id klik TULISKAN HARAPANMU SENDIRI UNTUK UNS. Tuliskan identitas Anda dan nanti ketikkan apa saja yang menjadi harapan Anda terkait dengan UNS. Tidak ketinggalan, Anda juga akan diminta melampirkan foto. Satu akun pada aplikasi pohonharapan.uns.ac.id bisa mengunggah harapan berulang kali. Setelah selesai, harapan yang sudah ditulis akan digantung pada tampilan pohon digital yang bernama Pohon Harapan. [dodo.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*