Bekali Calon Mahasiswa Baru, HIMATIKA UNS Gelar Seminar dan Try Out SBMPTN 2017

Dalam rangka memberikan informasi terkait SNMPTN dan SBMPTN kepada calon mahasiswa baru, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Clever and Beautiful (CnB) Production menggelar acara seminar dan try out SBMPTN 2017 di Auditorium UNS dan Aula Gedung F FKIP UNS, Minggu (20/11). Acara tersebut diikuti oleh keseluruhan 4.500 peserta yang dibagi ke dalam dua kloter. Kloter pertama, sejumlah 3.700 peserta mengikuti try out pada Minggu (20/11). Sedangkan kloter kedua, 800 peserta melaksanakan try out minggu depan pada hari yang sama (27/11).

Ketua Panitia Try Out SBMPTN 2017, Isnanto mengungkapkan bahwa antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan try out sangat besar hingga 4.500 tiket yang disediakan panitia langsung tandas terjual dalam waktu kurang dari 10 hari. Ia juga menjelaskan bahwa 4 ribu tiket try out SBMPTN 2017 sesi 2 yang akan diselenggarakan pada 5 Februari 2017 juga telah habis terjual. Sedangkan, soal yang diujikan dalam try out SBMPTN 2017 merupakan hasil kerja sama HIMATIKA dengan lembaga bimbingan belajar Primagama Solo Raya. Soal-soal tersebut terdiri dari Tes Potensi Dasar (TPA), Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta mata pelajaran SAINTEK dan SOSHUM.

Setelah kegiatan try out SBMPTN, diadakan pula seminar tentang penerimaan mahasiswa baru dengan menghadirkan pembicara staf ahli bagian pendidikan dari Sekretariat SPMB UNS, Yaman Umaran. Dalam kesempatan tersebut, Yaman menyampaikan informasi berkaitan dengan SNMPTN dan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, jalur masuk perguruan tinggi negeri, serta informasi lain terkait penerimaan mahasiswa baru baik di UNS maupun secara umum. Di sela-sela acara, peserta juga dihibur dengan penampilan stand-up comedy dan pembagian doorprize yang menarik bagi beberapa peserta.

Selain memberikan informasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN kepada calon mahasiswa baru, tujuan diadakannya seminar dan try out SBMPTN 2017 ini juga memberikan acuan mengenai soal-soal yang kemungkinan akan diujikan pada SBMPTN 2017. Lebih lanjut, acara try out ini juga merupakan tahap pengenalan UNS pada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kota Surakarta. Panitia penyelenggara berharap dengan mengikuti kegiatan try out dan seminar ini, peserta mendapatkan manfaat dalam memilih program studi dan universitas serta lebih siap dan percaya diri saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Pada 15 Mei 2017, HIMATIKA akan membuka pendaftaran Simulasi SBMPTN dengan peserta terbatas yakni 500 kursi untuk IPA, 500 kursi untuk IPS, dan 500 kursi untuk IPC.  [anggiayu.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*