FSRD UNS Gelar Workshop Batik di Thailand

Antusiasme Mahasiswa Pohchang Academy of Art dalam mengikuti workshop pembuatan batik.

Dua universitas di Bangkok dikunjungi oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (FSRD UNS) Surakarta. Adalah Pohchang Academy of Art dan Universitas Silpakorn yang menjadi perguruan tinggi pilihan FSRD untuk membuka peluang kerja sama dalam bidang penelitian dan pameran internasional. Melalui Tim International Office FSRD, kunjungan di negeri gajah putih tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai 21-23 November 2016.

Dosen Seni Rupa Murni, Dyah Yuni yang ikut dalam Tim IO FSRD menuturkan bahwa pihak Pohchang Academy of Art dan Silpakorn University sangat terbuka dalam menerima kunjungan ini. “Mereka sangat terbuka dan sangat senang untuk melakukan kerja sama dengan FSRD UNS,” ungkapnya. Lebih lanjut, Tim IO UNS juga diperkenalkan dengan beberapa fakultas di kedua universitas tersebut berikut dengan metode pembelajarannya.

Hari kedua kunjungan ke Pohchang Academy of Art, Tim IO FSRD UNS menggelar Workshop Pembuatan Batik. Tim IO FSRD membawa peralatan membatik seperti canting, lilin malam, dan naptol dari Indonesia. Workshop ini dipandu oleh dosen-dosen FSRD UNS yakni Dyah Yuni Kurniawati, Silfia M. Aryani, dan Esty Wulandari. Sejumlah mahasiswa dan dosen perguruan tinggi terkait sangat antusias dalam mengikuti kegiatan membatik itu. “Di sini sudah ada pelajaran dan studio membatik. Namun tekniknya berbeda dengan batik Indonesia. Perbedaannya terletak dalam proses pembatikan itu sendiri dan proses mewarna,” papar Dyah Yuni. Tema yang diusung dalam kegiatan membatik ini adalah “Ungkapan Bela Sungkawa untuk Raja Bhumibol Adulyadey”. Tema ini diusung karena masyarakat Thailand masih dalam keadaan berduka setelah ditinggalkan oleh raja mereka.

Rintisan kerja sama kedua universitas di Thailand tesebut akan ditindaklanjuti dalam bentuk MoU pada 2017. Dengan adanya kerja sama, FSRD UNS berharap akan terbentuk suatu kolaborasi bersama dalam event internasional, seperti riset dan pameran. Selain itu, kerja sama ini juga merupakan langkah awal FSRD UNS untuk menuju internasionalisasi melalui kegiatan akademik, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, dan konferensi internasional. [anggiayu.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*