UNS Terima Penghargaan Standardisasi PT

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima penghargaan standardisasi kategori Perguruan Tinggi oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) di Jakarta, Senin (9/11). Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi UNS dalam pengembangan Standardisasi Nasional (SNI). Selain UNS, lima universitas lain seperti IPB, ITB, Ubaya, UGM, dan Undip juga mendapat penghargaan standardisasi.
Pada jumpa pers yang diselenggarakan di Kantor Pusat Gedung dr. Prakosa, Selasa (10/11), Rektor UNS Ravik Karsidi menjelaskan penghargaan yang diberikan oleh Menristekdikti tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang asal-asalan. “Untuk mendapat penghargaan tersebut ada bukti nyata yang diamati oleh pimpinan sana (Menristekdikti—Red.) sehingga UNS mendapat penghargaan standardisasi ini,” terang Ravik didampingi sekretaris LPPM Ary Setyawan dan sekretaris LPPM-P Sarwanto.
Ravik menambahkan salah satu bukti yang diterapkan di UNS yaitu dengan adanya standar ISO dan QS STAR. Selain itu, UNS terus melakukan pengembangan standar dalam peran akademisinya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam bidang pendidikan dan pengajaran misalnya, Prodi Teknik Industri FT UNS sudah menerapkan materi kuliah standardisasi sebagai konten mata kuliah Penjaminan Mutu sejak tahun 2008-2014. Sedangkan untuk tahun 2015 ini, mata kuliah standardisasi menjadi mata kuliah pilihan bagi mahasiswa Prodi Teknik Industri.
Dalam bidang penelitian, UNS terus melakukan pengembangan SNI baterai lithium. Baterai lithium ini dikembangkan dengan teknologi nano yang dapat meningkatkan densitas energi. Nantinya Standardisasi Nasional (SNI) yang sudah didapatkan oleh UNS akan menjadi rujukan nasional. [afifah.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*