UNS EXPO 2015, Ajang Perkenalan dan Perekrutan Anggota UKM

Sejak pukul 06.00 WIB, mahasiswa baru program Strata 1 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berjejer rapi duduk di auditorium. Dengan mengenakan dresscode putih-putih, mereka begitu antusias menikmati perform dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UNS. Beberapa kali, UKM yang tampil bahkan mengajak para mahasiswa baru naik ke panggung. Tepuk tangan riuh membahana hingga mahasiswa yang berada di lantai dua pun berdiri meninggalkan posisi duduknya. Suasana tersebut tergambar jelas pada UNS EXPO 2015 yang berlangsung dari Senin (31/8) sampai dengan Rabu (2/9).

UNS EXPO 2015 merupakan ajang perkenalan dan perekrutan anggota UKM yang ada di UNS. Dengan ciri khasnya masing-masing, setiap UKM UNS diperkenankan menampilkan perform terbaiknya selama sepuluh menit. Dari total 32 UKM, sebanyak 26 UKM diantaranya melakukan aksinya masing-masing. Badan Eksekutif Mahsiswa (BEM) misalnya, menampilkan teatrikal puisi berjudul Batas Panggung karya Wiji Thukul. Kemudian, mereka mengajak para mahasiswa baru untuk menyanyikan lagu kebangsaan berjudul “Totalitas Perjuangan”.

Di sela-sela waktu istirahat, para mahasiswa baru diperkenankan untuk mengunjungi stan UKM yang berada di setiap sudut ruangan. Di stan tersebut, mereka dipersilakan langsung mendaftar UKM yang sesuai passion atau sekedar bertanya-tanya. Dengan mengikuti salah satu UKM di UNS, diharapkan mahasiswa baru mendapatkan softskill yang nantinya bermanfaat untuk kehidupan mendatang. “Akademis itu penting, ya karena kita diamanahi orangtua untuk kuliah. Tapi di luar itu, skill juga penting yang bisa didapatkan dengan mengikuti UKM yang sesuai dengan minat atau passion kalian,” terang ketua panitia Ortessa Rizki Pratama dalam sambutannya.

Dalam UNS EXPO 2015 kali ini, mahasiswa baru program D-3 mendapat giliran pada malam harinya. Walaupun dengan durasi yang lebih singkat dari mahasiswa S-1, mereka pun masih dapat menyaksikan beberapa perform UKM UNS. Tentunya, mereka juga memilikikesempatan untuk bergabung dengan UKM-UKM yang sesuai dengan bakat dan minatnya. [afifah.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*