Serah Terima Beasiswa dan Donasi Toyota Fortuner ala UNS-Toyota Indonesia

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendapat bantuan dari Toyota Indonesia yang diserahkan dalam acara penyerahan beasiswa, donasi mobil, dan kuliah umum di gedung pascasarjana lantai 6, Kamis (3/9). Dalam acara tersebut, Toyota Indonesia yang melalui PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Yayasan Toyota dan Astra (YTA) memberikan beasiswa kepada 15 mahasiswa UNS dan donasi satu unit mobil Toyota Fortuner yang nantinya akan digunakan sebagai alat peraga pendidikan di Fakultas Teknik UNS.

Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahyono mengatakan bahwa pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Dia juga menambahkan bahwa pihaknya ingin mahasiswa mengenal lebih dekat terkait dengan dunia industri Toyota. “Jadi, sedikit berbagi alat peraga semacam ini supaya para mahasiswa mengenal product kita dan apa sih sebenarnya industri otomotif di Indonesia,” kata Warih.

Dalam sambutannya, Warih juga berpesan kepada para mahasiswa untuk menjadi orang-orang praktisi. “Kamu mau jadi praktisi atau pengamat? Kalau praktisi hidupnya penuh dengan pemikiran apa yang bisa saya sumbangkan untuk kemajuan negeri ini. Jangan banyak ngritik, jangan banyak ngomong,” jelasnya. Warih juga berharap kegiatan ini dapat mendukung penerapan link and match antara dunia pendidikan dan industri.

Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan bahwa UNS memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Toyota Indonesia yang selama ini sudah memberikan beasiswa dan pemahaman khususnya di bidang otomotif dan permobilan. Dalam kesempatan yang sama, Ravik mengusulkan agar ke depan UNS dan Toyota Indonesia melakukan research and development (RnD) terkait dunia otomotif. “Ada 16 doktor khusus mesin di UNS, dan tentu ini adalah sesuatu yang eman-eman kalau tidak dimanfaatkan. Demikian juga kami mempunyai mahasiswa yang sangat tertarik dan peduli pada urusan otomotif. Karena itu kami mengharapkan kerja sama yang lebih baik,” ungkap Ravik. Ravik dan Warih (memegang vandel) berfoto bersama pejabat UNS yang lain di depan mobil Toyota Fortuner yang nantinya digunakan untuk alat peraga pendidikan.

Dalam acara itu, hadir juga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Politeknik ATMI Surakarta yang juga mendapatkan beasiswa dari Toyota Indonesia. Selain itu, Pusat Riset Teknologi Terapan Solo Technopark mendapat bantuan dua unit mesin mobil. [dodo.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*