Ravik Lantik 5.142 Mahasiswa Baru Program Strata-1

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi lantik 5.142 mahasiswa baru program S-1, Kamis, (20/8). Bertempat di halaman Gedung Pusat dr. Prakoso, upacara pelantikan dan peresmian mahasiswa baru ini juga merupakan pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU) di UNS. Dari 5.142 mahasiswa baru yang terbagi ke dalam 64 program studi dari 10 fakultas yang dimiliki UNS tersebut terdiri dari 5.124 mahasiswa reguler (1.275 di antaranya menerima beasiswa bidikmisi), 14 mahasiswa afirmasi, dan 4 mahasiswa asing.

Sebelum upacara pelantikan dan peresmian mahasiswa baru dimulai, ada penampilan dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu Marching Band yang membawakan Congratulation, sebagai ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru, Voca Erudita mengiringi dengan paduan suaranya, dan Resimen Mahasiswa (Menwa) yang memberikan atraksi terjun dari pohon.

Acara pelantikan dan peresmian mahasiswa baru diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 8385/UN27/PP/2015 tentang Pelantikan Mahasiswa Baru Program Strata-1 Universitas Sebelas Maret Tahun Akademik 2015/2016 oleh sekretaris senat dan dilanjutkan dengan penyerahan kartu mahasiswa dan pin UNS ACTIVE secara simbolis oleh rektor kepada 10 perwakilan mahasiswa dari 10 fakultas.

“Hari ini Universitas Sebelas Maret menambah warga 5.142 mahasiswa baru, di depan saya berjejer berbaris, saudara sekalian dengan gagahnya, dengan cantiknya, wajah-wajah yang bersinar, wajah-wajah yang penuh harapan dan wajah-wajah yang menggambarkan Insya Allah semua memiliki masa depan yang baik,” ucap Ravik diawal pidatonya.

“Saudara mendengar sendiri, masuk di Universitas Sebelas Maret dengan persaingan sangat ketat, yaitu 185 ribu lebih mendaftarkan dan hanya 5.124 mahasiswa yang diterima, anda sudah menyisihkan 1 dibanding 30, itu artinya 29 orang telah Anda sisihkan dan Anda lah pemenangnya untuk bisa bergabung menjadi warga Universitas Sebelas Maret hari ini, sekali lagi applause untuk saudara masing-masing,” terang Ravik.

Ravik menambahkan bahwa di UNS mempunyai 6 budaya yang akan dipelajari selama menempuh pendidikan di UNS. Enam budaya itu biasa disingkat dengan ACTIVE. A berarti Achievment Orientation atau selalu berorientasi kepada prestasi. C berarti Customer Statisfiction atau selalu peduli terhadap sesama. T berarti Teamwork atau harus bisa bekerja sama. I berarti Integrity atau mempertahankan dan membimbing diri menuju integritas kepribadian yang baik. V berarti Visionary atau selalu berorientasi masa depan. E berarti Enterpreneurship atau sikap inovatif. Dengan 6 nilai ini, maka diharapkan bisa mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan.

Selain itu, Ravik juga berpesan kepada para mahasiswa baru untuk selalu mengingat 4 pilar yang telah mengubah konstelasi dunia, yaitu openess (membuka diri), sharing (berbagi kepada sesama), peering (membangun kelompok), dan act globally (bersikap secara global). Di akhir pidatonya, Ravik menambahkan, “Selamat belajar, selamat berkarya, niatkan diri sebagai orang yang sukses sebagai pemimpin masa depan bangsa.” [azaria.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*