Jelang Dies Natalis ke-39, UNS Kukuhkan 2 Guru Besar

Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menambah jajaran guru besarnya. Adalah Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S. dan Prof. Dr. Mugi Rahardjo, M.Si. yang dalam sidang senat terbuka di auditorium, Selasa (24/2), diresmikan menjadi guru besar ke-170 dan 171.

Asri menyampaikan pidato tentang penelitian yang berjudul “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Sektor Bisnis Menjelang Fenomena Bonus Demografi di Indonesia”. Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga sebagai guru besar ke-8 FEB ini memaparkan tentang melimpahnya jumlah penduduk produktif di Indonesia yang berpotensi apabila kualitasnya ditingkatkan terkait dengan persiapan Indonesia untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Latar belakang penelitian ini adalah manajemen tentang SDM agar dapat bersaing dalam agenda ASEAN akhir tahun ini.

Sedangkan Mugi, selaku guru besar FEB yang ke-9 memberikan pidato singkat tentang penelitiannya yang berjudul “Peranan Ekonomi Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan”.   Mugi menegaskan bahwa ilmu ekonomi lingkungan sangat penting untuk kelangsungan pembangunan. Mugi merupakan guru besar bidang ilmu Ekonomi Lingkungan FEB UNS. “Manusia memengaruhi lingkungan, dan lingkungan memengaruhi manusia,” jelas Mugi. Latar belakang dalam penelitian ini adalah keprihatinan Mugi akan penelitian sebelumnya, yaitu rendahnya penghargaan sumber daya mata air yang kurang dihargai oleh masyarakat. Hal ini menyebabkan para investor membayar rendah air yang diambilnya, sedangkan ketersediaan air semakin sedikit.   [danur.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*