Gelar Kejuaraan Tenis Lapangan Beregu, UNS Jadi Jawara

UNS dalam rangka Dies Natalis ke-39 menggelar “Kejuaraan Tenis Lapangan Beregu Rektor Cup UNS 2015” sejak Kamis hingga Sabtu (26-28/2) kemarin. Turnamen yang sudah digelar lima kali ini diikuti oleh 17 regu yang berasal dari perguruan tinggi se-Jawa Tengah dan DIY, sekolah-sekolah yang berada di wilayah Surakarta, serta beberapa instansi yang bekerja sama dengan UNS. Babak penyisihan bertempat di lapangan tenis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kentingan dan Manahan, sedangkan pada partai final, turnamen digelar di lapangan tenis FKIP Manahan.

Selain FKIP dan FMIPA UNS, peserta pertandingan ini adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Veteran (Univet) Surakarta, SMK N 1 Surakarta, SMA Negeri 5 Surakarta, Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo, BNI 46, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surakarta, dan sebagainya.

Maryanto selaku ketua panitia mengatakan bahwa turnamen tenis beregu ini hanya diikuti oleh pria saja, selanjutnya dibedakan berdasarkan kelompok umur. “Kelompok umur pertama itu umur 50 tahun ke atas, kedua umur bebas, dan ketiga 40 tahun ke atas,” terang Maryanto.

Dalam satu pertandingan, tiap kategori tersebut saling bertanding. Urutan bertanding berturut-turut adalah kategori 50 tahun ke atas, umur bebas, dan umur 40 tahun ke atas. Jika pada kategori umur bebas nilai akhir sudah menunjukkan 2-0, maka kategori umur 40 tahun ke atas tidak saling bertanding. Akan tetapi, jika nilai akhir menunjukkan 1-1, maka diadakan rubberset hingga nilai akhir menunjukkan angka 2-1 untuk regu yang menang.

Maryanto menjelaskan bahwa para peserta memperebutkan total hadiah sejumlah Rp11 juta. “Rinciannya adalah juara 1 itu Rp5 juta, juara 2 Rp3 juta, dan juara 3 bersama yaitu masing Rp1,5 juta. Jadi ada dua juara tiga mas, juga ada piala,” terangnya. Kejuaraan ini dimenangkan oleh FKIP UNS sebagai juara 1, diikuti Lanud Adi Soemarmo, serta PT. Telkom Surakarta dan Unsoed Purwokerto sebagai juara 3 bersama.

Sesuai dengan rencana, hadiah diserahkan di halaman kantor pusat bersamaan dengan agenda jalan santai pada Jumat kemarin, (6/3).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*