Rektor Tarik Mahasiswa KKN Tematik Integratif 2015 di Pacitan

Bertempat di aula kantor Bupati Pacitan, Sabtu (14/2), Rektor UNS Ravik Karsidi secara resmi menarik 151 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Tematik Integratif Periode Januari-Februari 2015. Dalam sambutannya, Ravik mengatakan bahwa kegiatan mahasiswa KKN UNS periode ini adalah yang pertama di Pacitan yang sifatnya inspiratif bagi masyarakat untuk berkembang. Ada tiga tema yang diusung dalam KKN di kabupaten ini, antara lain pengembangan ekonomi kreatif, penguatan budaya dan pariwisata, serta pengembangan kesehatan dan pendidikan. Sebanyak 151 mahasiswa tersebut dibagi menjadi 18 kelompok dengan 9 dosen pembimbing lapangan (DPL) dari berbagai fakultas.

Di kesempatan yang sama, Bupati Pacitan Indartato mengatakan bahwa kabupaten Pacitan mengharapkan dukungan dan perhatian dari UNS dikarenakan Pacitan bisa diibaratkan dengan pepatah Jawa yang berbunyi “Adoh Ratu, Cedhak Watu”. Oleh karena itu, bentuk kerja sama ini akan ditingkatkan ke level yang lebih baik lagi.Mahasiswa yang menjalani KKN di Pacitan dinilai ramah dan kegiatan-kegiatan yang mereka jalankan terasa bermanfaat.

Ketua Unit Pelaksana KKN Rahayu menyampaikan alasan mengapa Pacitan menjadi daerah target tambahan dalam program KKN periode ini. “Karena di Pacitan yang digali itu lebih besar, dan daripada kota-kota lain yang dekat Solo, jelas lebih membutuhkan daerah-daerah yang seperti ini,” terang Rahayu.

Terkait kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah (pemda) yang menjadi daerah program KKN, Rahayu mengatakan bahwa semakin lama kerja sama yang didapat semakin mantap. “Kalau dulu waktu pertama kita kan sedang mulai penjajakan, yang kedua ini, ketika kelembagaan meningkat dan program-progam sudah kelihatan di masyarakat, para pemda sudah mulai menetapkan agenda yang lebih detail untuk kerja sama KKN,” Rahayu memaparkan. [Humas LPPM/semartv.fkip.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*