UNS Didik 70 Mahasiswa PPGT

Universitas Sebelas Maret (UNS) mendidik sebanyak 70 mahasiswa Program Pendidikan Guru Terintegrasi (PPGT) yang berasal dari 22 kabupaten di daerah terluar, terdepan, tertinggal (3T) Indonesia. Setelah lulus, mereka akan dipulangkan ke daerah asal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah.

Kendati tidak termasuk ke dalam jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), seleksi PPGT dilakukan langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). PPGT dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan pendidikan di daerah 3T.

Para mahasiswa PPGT akan dididik selama empat tahun di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Setelah lulus, mereka menyandang gelar Sarjana Pendidikan Guru (SPd Gr). Dengan gelar itu, mereka bisa langsung menjadi guru tanpa harus mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).Jadi setelah mereka lulus, tidak perlu ikut PLPG.Mereka sudah langsung dapat gelar guru,” kata Rektor UNS Ravik Karsidi, (31/12).

Menurut Ravik, PPGT membekali para calon guru dengan kompetensi ganda. Misalnya, program pendidikan guru SD ditambahi kompetensi mengajar IPS untuk jenjang SMP.Guru Pendidikan Mesin jenjang SMK juga didesain memiliki kompetensi untuk mengajar IPA di jenjang SMK.”Kompetensi tambahan memang disisipkan sesuai dengan latar belakang guru tersebut,” tuturnya.  [red-uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*