Rektor UNS Mewisuda 78 Hafidz Al Quran

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) mewisuda sebanyak 78 hafidz Al Quran, Jumat (27/12), di Islamic Center kompleks Masjid Nurul Huda UNS. Ke-78 hafidz Al Quran itu merupakan wisudawan perdana Gerakan Mahasiswa Menghafal Alquran (GEMA) UNS.

Ravik mengungkapkan, gagasan GEMA menjadi Unit kegiatan mahasiswa (UKM) bisa memberikan efek positif bagi kalangan mahasiswa. Selain itu, jika resmi menjadi UKM, maka GEMA menjadi menjadi satu-satunya UKM di Indonesia yang memiliki visi untuk mencetak hafidz  Al Quran.

“Ada rencana GEMA untuk dijadikan UKM. Saya langsung setuju karena akan semakin kokoh,resmi menjadi kegiatan universitas. Ini akan menjadi satu-satunya di Indonesia,” kata Ravik.

Sementara, Koordinator GEMA UNS Nur Eko Ihsanto menuturkan, ke-78 mahasiswa yang hafidz Al Quran terdiri dari 49 mahasiswi dan 29 mahasiswa. GEMA UNS sendiri memiliki dua program, antara lain: tahsin dan tahfidz. Tahsin untuk perbaikan atau membaguskan bacaan Al Quran.”Sedangkan, Tahfidz untuk menghafal Al Quran.Untuk tahfidz bebas, semisal ingin menghafal juz 1, juz 3, atau berapapun,” tuturnya.

GEMA digelar setiap akhir pekan.Dengan begitu, kegiatan GEMA tidak mengganggu studi mahasiswa.Para peserta GEMA dibimbing oleh ustad dan ustadzah baik dari dalam UNS maupun luar UNS.

Saat ini, UNS memiliki 17 mahasiswa hafidz 30 juz Al Quran, 72 mahasiswa sedang dalam poses untuk menghafal 30 juz, dan 532 mahasiswa menjadi peserta GEMA.  [red-uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*