LPPM UNS Adakan Kunjungan Ke LPPM UNPAD Bandung

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengunjungi  LPPM Universitas Padjadjaran (UNPAD)  Bandung  tentang Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa-Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen (KKNM-PKMD) Integratif. Impelementasi KKNM-PKMD dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mendayagunakan KKN sekaligus juga pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para dosen. Demikian ungkap Sekretaris LPPM UNPAD Ir. Sondi Kuswaryan, M.S. kepada rombongan LPPM UNS di kantor lama LPM, di Jl Banda, Bandung, beberapa waktu silam.

Lebih lanjut Sondi menjelaskan, penerapan KKNM-PKMD Integratif  juga merupakan upaya  LPPM membuat program yang berkesinambungan dalam pembinaan desa. Jadi, nanti dalam KKNM-PKMD terpadu tersebut  memiliki desa binaan. Suatu desa kelak dibina tidak hanya setahun, tapi sekurang-kurangnya lima tahun. Tiap desa binaan  akan memeroleh beberapakali kali layanan peserta KKNM-PKMD Integratif.

Sedangkan di UNS KKN yang akan diberlakukan, menurut Ketua LPPM UNS Prof.  Darsono, mengarah ke KKN yang tematik integratif.Tematik artinya mahasiswa yang ke lapangan harus membawa tema atau program tertentu yang ada di masyarakat.Integratif artinya menyelesaikan masalahnya dengan pendekatan lintas bidang.

Kunjungan tersebut diikuti oleh Ketua   dan beberapa staf serta  Pusat Studi dilingkungan LPPM UNS.   [Humas LPPM]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*