KOPMA UNS Jalin Kegiatan Kerjasama Dengan UiTM Malaysia

Kegiatan kerjasama yang baik antara UiTM (Kolej Melati) dan UNS (Kopma) pada kesempatan kali ini diusunglah suatu program yaitu Jalinan Kasih Kita dari pihak Kolej Melati UiTM Malaysia. Kegiatan ini diselenggrakan di GYD (Griya Yatim Dan Dhuafa) yang bertempat di kota Surakarta pada tanggal 4 Oktober 2014. Turut hadir selaku Pengetua Kolej Melati UiTM Malaysia Bapak Moh. Faeiz bin Haji Alwee dan penasihat program Cik Eliza Natasha binti Abdul Latif. Kunjungan UiTM ke UNS sendiri bukan tanpa suatu maksud.Akan tetapi, kedatangannya kali ini, untuk membangun sebuah Aktivitas Social, yang lebih terfokus pada Sociopreneur.

KOPMA UNS diberi kehormatan menjadi penyelenggara workshop sebagai wadah kegiatan yang utama. Internasional Workshop Indonesia- Malaysia “Create Your Passion to be Sociopreneur” telah terselenggara pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014 bertempat di Ruang Sidang IV Rektorat UNS, acara ini dihadiri oleh Jawatan Kuasa Perwakilan dan petinggi dari Kolej Melati UiTM Malaysia, Kabiro Kemahasiswaan, pembina KOPMA UNS dan peserta dari berbagai universitas. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antar kedua negara yang sudah terlaksana ke – 4 kalinya dan dalam workshop ini fokus membahas tentang sociopreneur.

Sociopreneur kini menjadi salah satu usaha yang menjadi pilihan beberapa orang dengan pengertian yaitu pengusaha yang menjalankan usahanya tidak semata-mata hanya memikirkan keuntungan pribadi saja, tetapi juga memikirkan untuk membangun dan mengembangkan komunitasnya agar lebih berdaya.Bedanya dengan CSR- Corporate Social Responsibility yaitu adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap komunitasnya dimana perusahaan itu beroperasi seperti pemberian beasiswa, pengobatan gratis atau penghijauan.Ibaratnya CSR hanya memberikan “ikan” untuk sementara, jika lapar harus diberi lagi. Ini yang membedakan dengan sociopreneur yang akan memberikan “kail” kepada komunitasnya.

Workshop kali ini mendatangkan tiga narasumber yaitu Ahmad Mursid selaku Ketua Umum Kopma UNS, Jefri Nur Arifin selaku Kepala Sekolah Alam Bengawan Solo, dan Ainun Mardiah selaku Die President Organisasi Jawatan kuasa Kolej Melati UiTM Malaysia. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya pengembangan sociopreneur yang semakin marak sebagai salah satu pilihan karir berwirausaha bagi pemuda  khususnya dan masyarakat umumnya. Melalui kegiatan ini pula tujuan yang hendak kami capai yaitu pengenalan praktek sociopreneur di masing-masing Negara yaitu Indonesia dan Malaysia dapat terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu, program kerjasama Kolej Melati UiTM dengan KOPMA UNS berikutnya adalah mengadakan program Bakti Sosial dengan menyumbangkan 2 buah mesin cuci dan buku-buku untuk menunjang aktivitas di GYD Surakarta. Selesai di GYD, keesokan harinya mereka menyempatkan study visit ke Sekolah Alam Bengawan Solo, Klaten. Dalam kesempatan itu Bapak En Faeiz bin Haji Alwae berpesan, ”This is a process of learning”, alam ini sekolah manusia. Pembelajaran dan pembentukan karakter dimulai sejak kecil.Sehingga seiring pertumbuhan dirinya menjadi dewasa sebagai generasi penerus dan pemimpin bangsa, khususnya peduli pada lingkungan dan sesama”. [KOPMA UNS]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*