Ketua APTISI: Pengangguran Terdidik Capai 600 Ribu Orang

Jumlah pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi mencapai 600 ribu orang. Jumlah ini dirasakan cukup mencengangkan melihat jumlah angkatan kerja di Indonesia pada tahun 2013 yang mencapai 118,2 juta orang (BPS,2013). Begitu yang disampaikan Edy Suandi Hamid selaku Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pada Simposium Nasional Forum Rektor Indonesia, Sabtu (18/10/2014). Bagi Edi, banyaknya pengangguran disebabkan minimnya soft skills yang dimiliki oleh calon tenaga kerja. Sewajarnya, hal tersebut sudah menjadi sorotan penting dalam rangka menyongsong AEC yang tinggal menghitung hari.

Dalam Simposium nasional yang mengangkat tema “Mempertegas Komitmen dan Kepentingan Nasional Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015” ini Edy juga menegaskan bahwa perguruan tinggi di Indonesia perlu melakukan penguatan-penguatan kelembagaan. Penguatan tersebut dimaksud dalam rangka menghadapi persaingan kelembagaan dengan perguruan tinggi(PT) ASEAN serta mempersiapkan lulusannya yang memiliki kompetensi yang tersertifikasi sehingga bisa bersaing dengan PT ASEAN yang nantinya akan dengan mudah masuk ke Indonesia.

Simposium yang dihelat di auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) ini juga menghadirkan pembicara Herry Suhardiyanto, rektor IPB sebagai pembicara dari perspektif pengembangan teknologi, Dwia Aries Tina Pulubuhu dari pembicara dari perspektif sosial budaya, Syahril Pasaribu pembicara dari perspektif kesehatan dan kesejahteraan sosial. Dihadiri dari kalangan praktisi, dosen, mahasiswa serta aktivis LSM, simposium nasional ini berlangsung menjadi dua sesi yaitu sesi panel dan sidang komisi.  [red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*