UNS Terbitkan Transkrip Kegiatan Mahasiswa

UNS akan menerbitkan transkrip nilai Kegiatan Mahasiswa sebagai lampiran pada ijazah sarjana. Transkrip itu berisi nilai mahasiswa yang aktif di organisasi kemahasis-waan (ORMAWA) atau Unit Kegiatan Mahasis-wa (UKM). Kendati lampiran, transkrip tersebut dapat digunakan sebagai tambahan untuk menjadi pertimbangan saat melamar pekerjaan.
“Mahasiswa selama belajar di UNS memang tidak wajib mengikuti kegiatan ekstra dan tidak memengaruhi nilai kelulusan sarjana. Tetapi oleh universitas akan diberi nilai tersendiri bagi mahasiswa yang ikut kegiatan ekstra,” tutur Pembantu Rektor (PR) III UNS Drs. Dwi Tiyanto, SU, di Gedung Rektorat UNS pada hari Senin, 26 November 2012.
Dengan transkrip tersebut, lanjut Dwi Tiyanto, universitas ingin menunjukkan bahwa lulusannya juga memiliki kemampuan softskill yang memadai. Ketrampilan tersebut mahasiswa dapatkan saat mereka menempa diri di ormawa atau UKM.
Dwi menandaskan, meskipun ada sarjana yang meraih nilai kumulatif empat pada bidang keilmuannya, sarjana yang bersangkutan belum tentu terampil saat diberi pekerjaan. “Karena itu softskill adalah penting untuk menunjang ilmu yang dikuasainya. Artinya semakin tinggi nilai softskill-nya, semakin terampil pula dalam bekerja,” tandas Dwi.
Pelampiran transkrip kegiatan mahasiswa tersebut, papar Dwi, akan dimulai pada tahun akademik 2013/2014. [red-uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*