SNMPTN Isi Separuh Kuota Bangku Kuliah

Sebanyak 50 persen atau separuhnya dari jumlah seluruh kuota bangku kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan diisi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 Jalur Seleksi Nasional. Jalur tersebut hanya bisa diikuti oleh lulusan tahun 2013. Pasalnya, peserta seleksi melalui jalur tersebut harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dibuat tahun ini.
Meski demikian, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS. mengungkapkan siswa lulusan tahun 2011 dan 2012 tetap bisa mengikuti seleksi melalui ujian tulis yang diselenggarakan oleh universitas. “Sedangkan separuh sisanya, UNS akan menggelar Ujian Tulis dan Ujian Mandiri,” kata dia saat jumpa pers di ruang Sidang I Gedung Rektorat UNS pada hari Selasa, 11 Desember 2012. Dia menjelaskan, kuota untuk Ujian Tulis diberikan sebanyak 40 persen dan untuk Ujian Mandiri 10 persen.
Pelaksanaan kedua jalur tersebut dibuka setelah tanggal 11-12 Juni 2013 atau setelah hasil SNMPTN Jalur Seleksi Nasional diumumkan dan telah melakukan pendaftaran ulang.
Jalur Ujian Tulis sendiri, lanjut Ravik Karsidi, dilakukan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor PTN (MRPTNI) dengan diikuti oleh 61 PTN se-Indonesia.
Sedangkan untuk mengisi 10 persen melalui Jalur Mandiri, mahasiswa baru direkrut melalui Ujian Masuk Bersama PT (UMB-PT) Perhimpunan SPMB Nusantara. “Bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan prestasi khusus seperti: juara olimpiade, prestasi olahraga dan seni, hafidzul Al Quran akan menjadi penguat utama dalam pertimbangan penerimaan calon mahasiswa UNS,” paparnya.
Kuota UNS pada SNMPTN 2013 berkisar antara 5.200 – 5.600 mahasiswa. Diperkirakan, jumlah peminat yang mendaftar di UNS akan meningkat sebanyak 15 persen. Ravik Karsidi menandaskan bahwa biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan SNMPTN 2013 dapat diakses pada laman http://www.snmptn.ac.id.
[red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*