Pelepasan Karbon di Kota-Kota Besar Memprihatinkan

Pelepasan karbon di kota-kota besar seperti: Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, dan sebagainya menunjukkan kondisi yang memprihatinkan. Bahkan, Jakarta menduduki dalam peringkat lima kota besar tertinggi pelepas karbon di dunia.
“Kualitas udara di Jakarta tercatat sebagai nomor terakhir di antara 33 provinsi di Indonesia. Kualitas udara Jakarta adalah terjelek di Indonesia. Artinya pencemaran udara tinggi sekali,” kata Asisten Deputi Bidang Peran Organisasi Kemayarakatan Kementerian Lingkungan Hidup Widodo saat menjadi narasumber pada acara Green Accounting di FE UNS, Sabtu, 24 November 2012.
Hal tersebut, terang Widodo Sambodo, merupakan akibat dari pembangunan yang belum mampu menekan pelepasan oksigen. Saat ini pembangunan masih menggunakan pola lama dan perijinan begitu mudah. “Sehingga tidak mengherankan lingkungan semakin hari semakin panas,” ujarnya.
Dia menandaskan, ijin lingkungan seharusnya melekat seperti halnya ijin mendi-rikan bangunan. Namun, fakta menunjukkan, pemahaman sebagian besar walikota/bupati termasuk anggota legislatif terhadap lingkungan masih rendah. [red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*