Kiprah KOPMA UNS

Koperasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (KOPMA UNS) merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kewira-usahaan. KOPMA UNS yang memiliki unit usaha dan unit kegiatan anggota ini men-dapatkan status badan hukum pada tanggal 17 Februari 1983.
Selama berdiri, KOPMA UNS telah banyak menorehkan prestasi. Salah satunya adalah terselenggarakannya Workshop Indonesia-Malaysia “Cooperative & Entrepreneurship” pada tanggal 5-8 Desember 2010 di Auditorium UNS. Diawali dari upaya yang dilakukan oleh KPT (Kementrian Pengajian Tinggi) dan MAKMUM (Majelis Keusahawanan Universiti-Universiti Malaysia) untuk mereali-sasikan program Indonesia-Malaysia Workshop on Cooperative and Entrepreneur-ship. Inti dari kegiatan tersebut adalah workshop dan magang pada dunia industri dan usaha di Solo kepada mahasiswa universiti-universiti di Malaysia yang memiliki kompetensi dan kemauan untuk melakukan keusahawanan. Dalam kesem-patan itu KOPMA UNS bersama pihak UNS menjadi tuan rumah sekaligus pelaksananya. Dalam acara tersebut berhasil meng-hadirkan 37 peserta dari 18 Universitas di Malaysia.
Pasca Workshop Internati-onal Indonesia-Malaysia, KOPMA UNS diundang oleh MAKMUM (Majelis Keusahawanan Universiti-Universiti Malaysia) untuk berpartisipasi dalam acara Festival Koperasi Kebangsaan. Dalam acara yang diselengga-rakan pada tanggal 25-30 Januari 2012 tesebut KOPMA UNS menjual berbagai produk khas Solo dan souvenir UNS. Hasilnya disambut antusias oleh para pengunjung festival yang diselenggarakan di Varsity Mall dan Dataran Budaya (PKP) UUM, Malaysia. Pasalnya, selain UNS satu-satunya exhibitor dari luar Malaysia, keunikan produk yang dibawa juga keramahan orang Solo yang dikenal dengan brand “The Spirit of Java” membuat hubungan semakin mesra. Berkat kerjasama tim dan dedikasi untuk senantiasa semangat berniaga, UNS mendapat 1 dari 4 penghargaan, yaitu Juara Terkhas dari Tim juri oleh panitia.
Imbasnya, Jaringan bisnis dan kerjasama UNS pun menjadi lebih luas, terbukti dengan terjalinnya hubungan yang baik antara UNS dengan MAKMUM (Majelis Keusahawanan Mahasiswa Universiti-universiti Malaysia), MAKMUM pun memberikan kepercayaan kepada UNS melalui KOPMA UNS untuk kembali menyelenggarakan Workshop Indonesia–Malaysia sesi kedua pada Bulan Juni 2011 dalam Workshop Creative Technology dan berhasil mendatangkan perwakilan dari seluruh Universitas di Malaysia.
Dalam perkembangannya pula, KOPMA UNS mengalami jatuh bangun. Diantaranya musibah kebakaran pada tahun 2000 yang melenyapkan seluruh asset KOPMA UNS. Dan pada tanggal 24 September 2011 salah satu unit usaha KOPMA UNS yaitu UJKS (Unit Jasa Keuangan Syariah). Namun hal tersebut bukanlah dianggap sebagai hambatan, layaknya sebuah pir yang semakin ditekan pantulannya semakin tinggi. Semoga dalam usia KOPMA UNS ke-29 bulan Februari ini, akan semakin mendewasakan KOPMA UNS dan menjadikan KOPMA UNS semakin besar dan berjaya di lingkup nasional maupun internasional. (KOPMA UNS).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*