Profil: Indira Nurul Qomariah, Pejuang Konservasi Lingkungan

Indira Nurul Qomariah, mahasiswa Program Studi Biologi FMIPA UNS angkatan 2011 ini resmi dinyatakan sebagai duta lingkungan hidup oleh US Embassy (Kedutaan Besar Amerika) pada 30 Maret 2015. Ia adalah satu-satunya mahasiswa UNS yang lolos dalam ajang bergengsi Youth South East Asia Leadership Insiative (YSEALI).
Dengan latar belakang Biologi, didukung dengan pengalaman pengabdiannya di Center for Orangutan Protection (COP) dan Solo Berkebun, perempuan kelahiran 14 Mei 1993 ini sukses memaparkan gagasan dalam esai menyoal

food-waste (sampah berupa makanan sisa) yang banyak diproduksi di restoran dan rumah makan di Indonesia. Esai inilah yang mengantarkan dirinya mengikuti ajang bergengsi di Kamboja selama seminggu.

Selain sukses menjadi duta lingkungan hidup, mahasiswa yang pernah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Weh, Sabang, Aceh ini ternyata juga berprestasi dalam bidang akademik. Di antaranya ia pernah menjadi asisten praktikum pada beberapa mata kuliah dan juga koordinator kelompok studi bioteknologi. Tahun 2015, Indira berhasil meraih gelar sarjana sains dengan skripsinya yang berjudul “Perilaku Harian Lutung Jawa Pasca Rehabilitasi dan Pelepasliaran di Gunung Biru, Batu, Jawa Timur”.

Walaupun sudah dinyatakan lulus, Indira tetap menekuni bidang konservasi hewan guna menjaga dan melestarikan lingkungan yang hampir saja rusak parah ini. Kecintaannya pada lingkungan membuatnya benar-benar layak menjadi seorang duta lingkungan hidup.  [afifah.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*