Wisuda Periode II Tahun Akademik 2015/2016, Ada Wisudawan dengan IPK Sempurna

Sebanyak 1.628 wisudawan resmi diwisuda Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Pascasarjana, PPDS, PPAk, dan Sarjana Periode II Tahun Akademik 2015/2016, Sabtu (5/12). Sebanyak 328 wisudawan menyandang predikat cumlaude yang terdiri dari 110 wisudawan Program Pascasarjana dan 218 wisudawan dari Program Sarjana.
Prosesi wisuda digelar di Auditorium UNS dan dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang. Keseluruhan wisudawan tersebut terdiri dari 8 wisudawan Program Doktor, 328 wisudawan Program Magister, 26 wisudawan Program Pendidikan Dokter Spesialis, 14 Wisudawan Program Pendidikan Profesi Akuntansi, dan 1.198 wisudawan Program Sarjana.
Pada wisuda periode ini, lulusan tercepat pada Program Pascasarjana diraih oleh Aries Utomo dengan lama studi 1 tahun dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,80. Sedangkan Diki Saputra menjadi lulusan tercepat Program Sarjana dengan lama Studi 3 tahun 3 bulan dan IPK 3,83.
Wisuda Periode ini juga spesial, pasalnya, ada seorang wisudawan yang menorehkan IPK sempurna di ijazahnya. Adalah Rian Mantasa Salve Prastica, wisudawan Program Sarjana dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS yang berhasil lulus dengan IPK 4,00. Rian menjadi wisudawan pertama yang berhasil mendapatkan IPK sempurna sejak UNS berdiri.
“Tahun 2020 – 2035, kalian akan merasakan masa yang terakhir kali dialami oleh Majapahit, yaitu bonus demografi. Bonus demografi merupakan jumlah usia produktif yang melebihi jumlah usia nonproduktif,” papar Ravik dalam sambutannya. Ia menambahkan bahwa artinya generasi sekarang menanggung beban keluarga lebih sedikit dibanding generasi sebelumnya, yang ini berarti bahwa kesejahteraan harus lebih maju lagi.
Ravik juga mengingatkan apabila menyandang gelar kesarjanaan jangan sampai melupakan kontribusi rakyat Indonesia. “Kalian kuliah di universitas negeri yang berarti kalian kuliah di subsidi pemerintah. Subsidi pemerintah dari pajak rakyat Indonesia,” ungkapnya.
Sampai dengan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Pascasarjana, PPDS, PPAk, dan Sarjana Periode II Tahun Akademik 2015/2016 ini, jumlah lulusan Program Doktor, Magister, Dokter Spesialis, Profesi Akuntansi, dan Sarjana sejak berdirinya UNS adalah 111.740 alumni. [danur.red.uns.ac.id]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*