Seminar Nasional: Kedaulatan Pangan melalui Koperasi

Dengan mengangkat tema “Pengembangan Koperasi Pangan Dalam Upaya Mewujudkan Kedulatan Pangan di Indonesia”, Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) menyelenggarakan seminar nasional di Auditorium UNS Selasa, (24/11). Seminar nasional ini merupakan puncak dari kegiatan promosi hasil kerja sama Faperta UNS dengan DEKOPIN Pusat di Kota Solo. Sebagai pembicara kunci dalam seminar nasional ini adalah Ketua Umum DEKOPIN, H.A.M. Nurdin Halid dengan materi presentasinya yang berjudul “Koperasi sebagai Pilar Negara”.
Dalam kesempatan tersebut Nurdin Halid mengemukakan konsepsi menjadikan koperasi sebagai pilar negara ditahun 2045 yaitu berkeinginan menjadikan koperasi sebagai jalan membangun karakter bangsa, menyejahterakan rakyat secara berkeadilan, dan melestarikan ekosistem negara. Sedangkan sasaran koperasi sebagai pilar negara antara lain: memperkuat karakter bangsa (kesetaraan, transparansi, keadilan, partisipasi, dan kemandirian), merawat bumi dan menghemat sumber daya alam, mengentaskan kemiskinan, menjamin keadulatan/ketahanan pangan dan energi, menjaga kedulatan NKRI, dan melestarikan budaya dan kearifan lokal. Lebih jauh ditambahkan bahwa untuk merealisasikan koperasi sebagai pilar negara ditahun 2045 diperlukan beberapa tahapan pencapaian, yaitu periode 2015-2025 penguatan pondasi koperasi sebagai pilar negara, periode 2025-2035 koperasi masuk ke semua sektor dan menjadi pelaku ekonomi dominan, periode 2035-2045 diharapkan berprestasi dan mempunyai reputasi di tingkat global.

Selain dihadiri pembicara kunci, seminar juga menghadirkan pembicara utama antara lain Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S. (Dekan Faperta UNS) dengan judul makalah “Peran Perguruan Tinggi dalam Peningkatkan Kedulatan Pangan melalui Pengembangan Koperasi Berbasis Pangan di Indonesia” dan Drs. Agung Sudjatmoko, M.M. (Ketua Harian DEKOPIN) dengan judul makalah “Dukungan DEKOPIN dalam Pemasaran Produk Unggulan melalui Pengembangan Koperasi Berbasis Pangan di Indonesia”. Seminar nasional dihadiri peserta yang terdiri dari beberapa unsur mulai dari mahasiswa, lembaga koperasi mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan DIY, pelaku usaha, akademisi serta dinas koperasi kabupaten se-Solo Raya. [Faperta UNS]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*