Green Park, Wujud Kepedulian Lingkungan Komunitas Biologi Fakultas MIPA UNS

Sebanyak 150 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen biologi Fakultas MIPA UNS berkumpul di depan Gedung C pada hari Rabu, 5 Desember 2012, untuk melakukan aksi kepedulian lingkungan dengan menanam berbagai jenis tanaman obat dan sayuran. Acara yang diberi tema Green Park dibuka secara resmi oleh Suratman, M.Si selaku Pembina Mahasiswa pada pukul 14.00 WIB.
Dalam sambutannya beliau sangat senang dan mendukung acara yang diprakarsai oleh HIMABIO dan didukung oleh kelompok studi yang ada di jurusan Biologi, diantaranya Biodiversitas, Enviro, Mutasi, dll.
“Hendaknya acara semacam ini bisa diadakan rutin setiap tahun, karena manfaatnya yang luar biasa.” demikian salah satu petikan sambutan yang disampaikan oleh Suratman, M.Si.
Para peserta dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama menanam sayuran secara vertikultur, yaitu menanam secara vertikal. Hal ini dilakukan untuk mensiasati lahan yang sempit dan terbatas. Dengan antusias peserta mengambil botol-botol air mineral yang telah dimodifikasi, kemudian mengisinya dengan tanah untuk selanjutnya disemai biji sawi. Dipilihnya tanaman sawi kareni usia panennya yang relatif singkat (23-30) hari, disamping juga tidak membutuhkan media yang luas.
Sementara kelompok kedua menanam tanaman obat keluarga yang terdiri dari lengkuas, kunyit, jahe dilahan di depan Gedung C sisi timur. Disamping sebagai sarana penghijauan, penanaman tanaman obat keluarga ini juga bisa diambil manfaatnya.
Acara diakhiri dengan jalan sehat keliling kampus UNS sambil mengumpulkan masalah sampah dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik, dimana sampah anorganik akan dibuang atau dimusnahkan sementara sampah organik akan diolah menjadi kompos.
Meskipun acara jalan sehat diwarnai dengan hujan lebat, namun peserta tetap semangat, bahkan walau badan basah kuyup sekalipun. [Humas FMIPA UNS]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*